EdukasiPengetahuan Umum

Belajar Data Analyst Bikin Bingung? Kamu Harus Baca ini!

Belajar data analyst? boleh banget dong! Dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali yang membahas pentingnya keahlian dalam bidang teknologi dan informasi, salah satunya yaitu keahlian menganalisis data, dan data analyst sendiri merupakan sebutan bagi orang yang menggelutinya. Tertarik belajar data analyst yang sedang gencar menjadi buah bibir? Maka berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu kamu tahu!

Data analyst

Sumber: owlguru.com

Pengertian Data Analyst

Data analyst merupakan sebuah profesi seseorang yang memecahkan masalah dengan menggunakan data. Terbiasa dengan mempelajari banyak hal sudah menjadi keharusan sebagai data analyst. 

Dengan pesatnya perkembangan zaman, menghasilkan data yang juga semakin banyak, sehingga keperluan dalam tugas dalam mengelola data semakin besar, seperti dalam perusahaan industri. Perusahaan tentu menghasilkan data dalam jumlah besar, keberadaan data analyst sangat krusial dalam mengelola dan menyelesaikan permasalahan data. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) data adalah keterangan yang benar dan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian atau informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer sebagai representasi digital dari teks, angka, gambar grafis, atau suara. 

Adapun jenis – jenis data yang harus kita ketahui. Menjadi seorang data analyst tentu harus memiliki tekad, motivasi, dan semangat belajar yang kuat. Semua yang berkaitan dengan data analyst membutuhkan pemahaman dalam menyelesaikan masalah dan mampu membuat solusi dari segala hal tersebut. 

Baca juga: cara meningkatkan motivasi

Namun, ingat kembali bahwa dalam mempelajari data, kita juga harus mengetahui tools atau alat dalam mengelola data tersebut. Keahlian dalam menggunakan tools juga memberikan kemudahan kepada kita, agar mengetahui secara rinci dari hasil keseluruhan dan mempermudah untuk membuat sebuah keputusan ke depannya. 

Tools yang Akan Membantu dalam Belajar Data Analyst

Terdapat beberapa tools yang oleh seorang data analyst gunakan, sepertiStatistical Analysis Tools (Software R dan Python), Business Intelligence Tools (Tableau dan Power BI), Database and Spreadsheet Tools (SQL dan Microsoft Excel), ETL Tools (Extraction, Transformation, dan Loading), dan Data Visualization Tools.

Untuk mengunduh dan menjalankan semua tools tersebut, dapat melalui device pribadi dan ada pula tools lainnya yang menggunakan website atau secara online, tetapi harus ingat bahwa ada beberapa tools yang berbayar, sehingga sesuaikan dengan kebutuhan mu.

Selain penggunaan tools, ada juga skill yang harus kita miliki untuk menjadi seorang data analyst. Berikut skill yang harus dimiliki seorang data analyst.

 

Sumber: incusservices.com

 

Belajar Data Analyst Perlu Kemampuan Menganalisis

Hal yang dasar ketika kita ingin menjadi seorang data analyst, tentu kita harus memiliki kemampuan dalam mencari, mendeteksi, atau menganalisis data agar mendapatkan informasi.

Kemampuan Pemahaman Bahasa Pemrograman (SQL, Python, dan R)

Umumnya ada tiga bahasa pemrograman yang harus kita kuasai yaitu SQL, Python dan R. SQL berfungsi sebagai database yang menyimpan data untuk diolah menjadi informasi. Bahasa pemrograman python berfungsi untuk membuat sebuah scripting data science, website, software development, big data, dan lain – lain. Sedangkan bahasa R untuk keperluan komputasi statistik dan grafik.

Matematika dan Statistik Penting Ketika Kamu Belajar Data Analayst

Sebagai seorang yang berhubungan dengan data terutama berbentuk angka, tentu kita perlu menguasai statistik dan matematika yang baik agar bisa memvisualisasikan data tersebut dalam bentuk tabel, grafik, atau yang lainnya.

Kemampuan Menggunakan Microsoft Excel 

Menguasai Microsoft Excel merupakan hal dasari bagi seorang data analyst karena dengan menguasai tools ini, kita bisa mengolah data secara sederhana dengan rumus-rumus yang ada.

Kemampuan Visualisasi Data dan Presentasi

Tahapan selanjutnya, yaitu visualisasi data dalam berbagai bentuk, bukan hanya kemampuan bahasa pemrograman dan statistik saja, kita juga harus bisa mempresentasikan hasil dari visualisasi data yang mudah agar para user dapat memahami dengan baik.

Setelah mengetahui skill yang harus mumpuni tersebut, kita juga dapat mengimplementasikan data analyst dalam kehidupan sehari-hari, contohnya kita adalah seorang penjualan sembako yang terdiri dari minyak, beras, telur, dan gula pasir. Berdasarkan data tersebut kita memiliki empat jenis macam barang, dan itu sudah bisa menjadi data yang sederhana.

Semua orang bisa mempelajari keahlian ini, dengan catatan harus banyak belajar dan memperbanyak praktik di lapangan atau kehidupan sehari-hari. Menganalisis sebuah data tentu melatih kita dalam mencari peluang atau potensi yang ada dalam lingkungan sekitar. Memperoleh beberapa informasi, melatih ketelitian, serta memberi keyakinan kepada orang lain merupakan hal penting dari seorang data analyst.  

Berikut manfaat belajar menjadi seorang data analyst:

  1. Banyak dibutuhkan perusahaan
  2. Meningkatkan kesempatan kerja
  3. Meningkatkan penghasilan
  4. Pengguna data analyst ada di mana-mana
  5. Banyak opsi role di bidang data
  6. Jadi inti pengambilan keputusan
  7. Peluang freelance terbuka lebar

Dari penjelasan di atas, tentu banyak sekali hal yang didapat ketika kita mempelajari keahlian dalam menganalisi data atau sebagai data analyst. Sehingga, jangan sampai mau ketinggalan dengan yang lain jika tertarik belajar data analyst. Ada juga website referensi untuk mempelajari data analyst seperti, Dicoding, MySkill.id, DQLab, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Membangun Budaya Literasi Remaja dengan 3 Strategi Penting

Writer: Muchammad Rifal Nugroho | Editor: Tiara Rahmayanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *