Pentingnya Kesadaran Politik Untuk Anak Muda

Pentingnya kesadaran politik untuk anak muda menjadi pembahasan yang penting menjelang pemilu 2024 ini. Tapi sebelum membahas tentang kesadaran politik, apa sih yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “politik”? Apakah yang pertama kali muncul dalam pikiranmu adalah “perebutan kekuasaan para elite”? atau “politik itu kotor”? atau kamu justru sudah mulai tidak peduli dengan apapun tentang politik karena kamu sudah muak dengan berbagai isu negatif dalam dunia perpolitikan seperti misalnya isu korupsi? Jangan sampai ya! Karena, kesadaran politik itu penting sekali untuk anak muda. Lalu, apa sih kesadaran politik itu? Kenapa anak muda harus melek politik? Yuk simak pembahasan berikut!

Apa Itu Kesadaran Politik Untuk Anak Muda?

Mengingat bahwa negara Indonesia adalah negara demokrasi, maka kesadaran politk sangat penting dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kesadaran politik sangat berkaitan dengan partisipasi masyarakat dalam politik, dan dalam negara demokrasi partisipasi masyarakat  sangat dibutuhkan karena rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi. Rakyat harus berpartisipasi dalam berbagai hal terkait politik seperti misalnya  memberikan hak suara dalam pemilu, menyampaikan aspirasi, mengawasi jalannya pemerintahan, hingga mengkritik kebijakan pemerintah yang tidak sesuai. Hal ini tidak bisa dilakukan apabila masayarakat tidak memiliki kesadaran politik. Karena itu, warga Indonesia hendaknya peduli politik dan meningkatkan kesadaran politiknya.

Jadi, kesadaran politik itu apa sih? Secara sederhana, kesadaran politik adalah kesadaran warga negara baik itu individu maupun kelompok, untuk ikut serta dalam kegiatan politik. Kesadaran politik juga merupakan kesadaran masyarakat mengenai kewajiban beserta hak politiknya sebagai seorang warga negara. Hal ini  berkaitan dengan tingkat pemahaman, keyakinan, serta keikhlasan setiap warga negara dalam menjalankan kewajiban beserta hak politiknya secara benar dan bertanggungjawab. Kesadaran politik juga memberi corak terhadap sikap dan perilaku politik (etika politik) seseorang. Apabila kesadaran politik masyarakat sudah tumbuh, maka partisipasi masyarakat dalam politik juga meningkat.

pentingnya kesadaran politik untuk anak muda
Source: Pinterest

Apa Pentingnya Kesadaran Politik untuk Anak Muda?

1. Politik Memengaruhi Berbagai Aspek Kehidupan

Berbicara tentang kesadaran anak muda terhadap politik, secara sederhana kita bisa membagi anak muda menjadi dua tipe. Ada anak muda yang mengikuti berbagai isu politik dan sering mengkritisi kebijakan pemerintah, ada juga anak muda yang justru malas dengan politik.  Kalau kamu termasuk anak muda yang malas sama politik dan merasa politik itu tidak berpengaruh dalam hidup kamu, coba pikirkan: pernah tidak kamu mengalami kenaikan BBM yang membuat uang saku kamu menipis? Atau sering mendengar curhatan ibu soal harga bahan makanan yang naik? Itu semua adalah beberapa dampak politik dalam keseharian kita.  Karena itu, kesadaran politik sangat penting bagi anak muda agar bisa turut berpartisipasi secara aktif dalam memberikan aspirasi kepada pemangku kebijakan, juga mengawasi jalannya perintahan dengan memberikan kritik dan masukan.  Selain itu, kesadaran politik juga membuat anak muda lebih bijak dalam memilih calon pemimpin bangsa serta para wakil rakyat.

2. Agar Anak Muda Menggunakan Hak Suaranya dengan Bijak

Sebentar lagi pesta demokrasi pemilu 2024 akan segera tiba. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan bahwa 55%-60% pemilih adalah anak muda. Artinya, suara anak muda sangat berperan besar dalam menentukan pemimpin bangsa berikutnya. Jika anak muda tidak memiliki kesadaran politik, maka bisa saja anak muda akan  mudah termakan hoax, menebar ujaran kebencian terhadap calon pemimpin yang tidak mereka dukung, tidak menghormati perbedaan pilihan dengan orang lain, atau malah justru golput. Karena itu, anak muda harus memiliki kesadaran politik agar dapat memberikan hak suaranya dengan bijak, serta tetap menghargai perbedaan pilihan dengan masyarakat lainnya. Anak muda juga harus mencari tau visi, misi, gagasan, serta program-program para calon pemimpin bangsa agar bisa menentukan pilihan dengan tepat. Jadi, bijaklah dalam menggunakan hak suaramu.

3. Kesadaran Politik Membuat Kita Tidak Mudah Termakan Hoax

Anak muda hidup dalam era digitalisasi dimana penggunaan internet dan perangkat digital sangat lekat dalam keseharian. Informasi dari berbagai platform media sosial sudah tidak terbendung lagi. Memasuki bulan-bulan menjelang pemilu, media sosial menjadi ruang yang sangat terbuka untuk kampanye dan penyebaran informasi terkait para paslon. Namun, apakah semua informasi itu benar dan dapat dipercaya? belum tentu. Karena itulah, kita membutuhkan kemampuan untuk menyaring berita dan informasi yang kita temui, agar kita tidak mudah termakan hoax. Dengan kesadaran politik, kita akan lebih bijak dalam memilah informasi yang berkaitan dengan calon presiden dan wakil presiden, rekam jejak paslon, informasi tentang partai, dan sebagainya.

4. Agar Anak Muda Bisa Mengedukasi Masyarakat

Anak muda dengan energi yang lebih banyak dan pikiran yang lebih terbuka,  harus aktif dalam mencari, memilah, serta mengelola informasi berkaitan dengan politik, agar bisa meningkatkan kesadaran politiknya. Anak muda biasanya memiliki sifat kritis, rasa ingin tau yang besar, mampu berpikir lebih terbuka, serta memiliki kemampuan untuk mencari dan mengolah informasi dengan baik. Kemampuan ini bisa digunakan untuk mengedukasi masyarakat tetang politik khususnya kepada masyarakat lanjut usia. Anak muda bisa membantu mengedukasi terkait gagasan para calon pemimpin bangsa serta bagaimana cara menentukan pilihan dengan bijak, juga membantu memutus berita hoax yang beredar di masyarakat.  Karna dengan hal tersebut, anak muda bisa turut berkontribusi dengan cara mengedukasi masyarakat agar bisa berpolitik dengan bijak.

 

Itulah pentingnya kesadaran politik untuk anak muda. Ternyata politik sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita ya. Jadi, kita harus memiliki kesadaran politik agar bisa menjadi warga negara yang berpartisipasi secara bijak dalam dunia politik.

Baca Juga: Kepedulian Sosial Remaja Bisa Memburuk Karena Ini!


Writer: Maulida Rahma Susanti  | Editor: Kayla Adzkia Shabrina

Satu pemikiran pada “Pentingnya Kesadaran Politik Untuk Anak Muda”

Tinggalkan komentar