EdukasiPengetahuan Umum

Manfaat Istirahat dan Tidur Cukup bagi Kamu yang Masih Pelajar!

Istirahat adalah salah satu kebutuhan dasar manusia selain bernapas dan mengonsumsi makanan dan minuman. Istirahat yang diperlukan bukan saja berhenti melakukan aktivitas berat, tetapi menghabiskan waktu dalam keadaan tidak sadar. Kegiatan ini umumnya kita kenal sebagai tidur. Waktu tidur yang manusia butuhkan umumnya adalah 7-9 jam sehari, atau sekitar sepertiga hari. Nah, siapa nih yang suka bergadang? Kebiasaan tidur larut malam ini bisa menyebabkan kita kekurangan waktu tidur. Padahal, tidur yang cukup membawa banyak manfaat, loh! Berikut manfaat istirahat dan tidur yang cukup.

Tidur yang Cukup Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Istirahat yang cukup berpengaruh pada konsentrasi
Sumber : sekolahdasar.net

Manfaat tidur cukup yang sangat mudah untuk kita rasakan ialah meningkatnya konsentrasi. Konsentrasi yang baik membantu memacu daya ingat dan pikir kita ketika belajar maupun beraktivitas. Otak mampu memproses memori kita dalam sehari secara maksimal, sehingga ingatan kita lebih detail.  Produktivitas kita pun naik karena kita lebih mudah dan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan ketika beraktivitas. Penyebab mengapa kita bisa lebih fokus dan konsentrasi saat kita beraktivitas setelah bangun dari istirahat yang cukup adalah waktu tidur yang sesuai membantu menjaga fungsi otak kita untuk bekerja yang semestinya. Kita juga dapat meminimalisir cedera yang mungkin terjadi saat kita berkegiatan.

 Istirahat yang Cukup Dapat Memperkuat Imun Tubuh

Dalam berbagai penelitian ilmiah, sering kali kita menemukan pernyataan bahwa istirahat yang cukup memiliki manfaat menjaga imun tubuh agar tetap kuat. Hal ini mempunyai dasar berikut, ketika kita tidur cukup, tubuh memiliki kemampuan untuk menangkal bakteri, virus dan kuman yang dapat berujung timbulnya infeksi dalam tubuh. Penyakit-penyakit yang kerap menjangkit orang yang kurang tidur biasanya seperti batuk, pilek, atau flu, termasuk nyeri tubuh.

Tidur yang cukup juga mampu membantu kita menghindari peradangan serta memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak akibat paparan radikal bebas, sinar matahari atau polusi. Paparan itu biasanya kita dapatkan lewat aktivitas yang kita jalani dari pagi hingga sore hari. Malam hari waktu kita tidur, adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk menanggulangi hal-hal tersebut.

Istirahat yang Cukup Dapat Meningkatkan Mood

Tidur cukup dapat meningkatkan suasana hati
Sumber : wanitabercerita.com

Salah satu manfaat tidur dan istirahat yang cukup yang belakangan ini cukup naik di kalangan remaja ialah bagaimana suasana hati seseorang bisa naik hanya dengan suatu hal sepele, yakni tidur yang cukup. Ketika waktu tidur kita cukup, kita akan bangun dengan segar di pagi hari dan siap untuk berkegiatan, lain ketika kita justru kurang tidur. Kurang tidur umumnya membuat kita merasa malas untuk memulai hari dan ingin tidur lagi.

Saat kita tidur, otak kita memproses memori dan emosi, yang apabila kita maksimalkan dengan tidur cukup, akan berbuah manis. Rasa siap ketika hendak menjalani hari membantu kita menyusun pikiran yang positif, setidaknya di awal hari. Melakukan pekerjaan pun bisa terasa lebih menyenangkan. Kita juga dapat terhindar dari gangguan psikologis seperti kecemasan berlebih atau depresi yang kerap dialami oleh orang yang kurang istirahat. Insomnia? Yuk, atasi dengan lakukan hal-hal ini!

Tidur yang Cukup Dapat Membantu Menghindari Penyakit Kronis

Memenuhi waktu istirahat minimum tidak hanya membantu mencegah gangguan psikologis seperti di atas, tetapi juga dapat meminimalisir risiko terjangkit penyakit kronis. Kurang tidur dapat mengubah sistem tubuh dalam mengolah glukosa (kandungan gula yang kita makan) yang masuk dalam tubuh, terkait dengan sistem metabolisme tubuh. Perubahan sistem ini dapat memicu munculnya diabetes.

Penyakit jantung juga dapat muncul bila kita tidak tidur cukup, karena dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Menjaga pola hidup tidur cukup dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, lewat adanya detak jantung yang  tentu stabil ketika Anda tidur dengan jangka waktu yang cukup dan di waktu yang tepat, yaitu malam hari.

Istirahat yang Cukup Dapat Membantu Menjaga Berat Badan

Manfaat Istirahat Cukup
Source : medicom.co.id

Kurang istirahat dapat mendorong munculnya berat badan berlebih atau kerap kita kenal sebagai obesitas. Penyebabnya ialah kurang tidur memicu ketidakseimbangan hormon kenyang dan lapar, sehingga tubuh kurang maksimal dalam memproses karbohidrat dan gagal menyimpannya dengan baik. Nafsu makan kita pun akhirnya meningkat, kita jadi mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang seharusnya.

Tidur cukup dapat membantu kita dalam menjaga keseimbangan dua hormon itu, kenyang dan lapar. Kedua hormon itu mengatur nafsu makan kita agar tetap teratur. Oleh sebab itu, sering kali tidur cukup merupakan salah satu solusi termudah untuk menurunkan berat badan secara perlahan.

Itu dia, Teens, manfaat dari istirahat dan tidur yang cukup. Penting banget, kan? Yuk, mulai tinggalkan kebiasaan bergadang! Ingat ya, kesehatan itu harganya mahal! Tak bisa tidur karena merasa cemas? Yuk, mulai terapkan kalimat-kalimat afirmasi ini!

 

Penulis: Rebecca Maria Graciella Efendy     |    Editor: Tiara Rahmayanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *