Kepedulian Sosial Remaja Ternyata Bisa Memburuk karena Ini!

Halo, Teens! Apa, sih, kepedulian sosial itu? Kepedulian sosial biasa kita kenal dengan sebutan empati, solidaritas, atau tindakan untuk membantu orang lain. Saat ini, kita dihadapkan dengan fenomena menurunnya nilai kepedulian sosial. Terlebih lagi pada generasi muda, khususnya pada remaja. Sebenarnya apa ,sih, yang membuatkepedulian sosial pada remaja menurun? Nah, orang tua wajib simak pembahasan berikut!

Apa itu Kepedulian Sosial dan Sikap Kepedulian pada Remaja?

kepedulian sosial remaja
Source: Pinterest/Doramaskim

Dilansir dariKamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kepedulian sosial adalah sikap mengindahkan sesuatu yang terjadi dalam masyarakat. Dari pengertian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa kepedulian sosial adalah suatu sikap empati atau tindakan untuk membantu orang lain. Tentunya, setiap orang, khususnya remaja, harus memiliki sikap kepedulian sosial. Sikap kepedulian pada remaja perlu ditanamkan dan ditingkatkan karena generasi merekalah yang menjadi cikal bakal generasi penerus bangsa. Selain itu, besar harapan remaja dapat berperan sebagai generasi yang akan membentuk masa depan masyarakat nantinya.

Faktor Menurunnya Kepedulian Sosial pada Remaja

Dilansir dari Kompasiana,pada masa sekarang ini kepedulian sosial pada remaja menurun seiring melesatnya perkembangan teknologi. Hal tersebut didukung dengan penggunaan media sosial pada remaja. Adapun beberapa faktor penyebab menurunnya kepedulian sosial pada remaja seperti sebagai berikut.

  • Pengaruh Media Sosial
kepedulian sosial remaja
Source: Pinterest/Freepik

Seiring melesatnya teknologi, media sosial cenderung membuat remaja lebih fokus pada diri mereka sendiri, sehingga membuat mereka kurang memerhatikan lingkungan sekitar.

  • Pendidikan yang Terfokus pada Prestasi
kepedulian sosial remaja
Source: Pinterest/Freepik

Sistem pendidikan yang sangat kompetitif pada saat ini menjadikan remaja lebih fokus pada diri mereka sendiri. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan pribadi mereka. Sayangnya, hal tersebut membuat remaja mengurangi perhatian mereka pada lingkungan di sekitar.

  • Kurangnya Perhatian Orang Dewasa, Khususnya Orang Tua
kepedulian sosial remaja
Source: Pinterest/Freepik

Orang tua menjadi kunci utama dalam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, orang tua membentuk kepedulian sosial anak melalui bimbingan. Namun, jika orang tua tidak membimbing atau mendukung remaja dengan benar, besar kemungkinan mereka akan salah dalam mencontoh hal yang baik dan buruk. Hal ini termasuk dengan upaya mengembangkan kepedulian sosial mereka.

  • Kurangnya Interaksi Sosial Langsung
kepedulian sosial remaja
Source: Pinterest/Vecteezy

Perkembangan teknologi dapat mengurangi interaksi sosial secara langsung. Remaja yang sering menggunakan komunikasi secara online akan cenderung memiliki sifat empati yang kurang.

Berdasarkan beberapa faktor penyebab menurunnya kepedulian sosial pada remaja di atas, peran orang tua menjadi faktor pertama dan utama dalam perkembangan anak. Hal ini karena peran orang tua merupakan rumah dan interaksi pertama dalam perkembangan seorang anak.

Namun, pada saat ini beberapa orang tua lebih memilih untuk memanjakan anaknya. Hal tersebut akan berdampak buruk pada sikap kepedulian sosial anak itu sendiri. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan besar anak akan cenderung egois dan kurang peka terhadap kebutuhan orang lain. Hal yang paling fatal adalah saat sifat tersebut menjadi kerugian bagi orang lain. Jika hal tersebut terus terjadi tanpa adanya solusi penanganan, maka akan terbawa sampai remaja.

Apa yang Harus Orang Tua Lakukan?

kepedulian sosial remaja
Source: Pinterest/Vecteezy

Sebagai orang tua, sudah menjadi keharusan untuk mengetahui tentang kepedulian sosial pada remaja. Terkait dampak negatif yang telah kita bahas sebelumnya, tentu sebagai orang tua kita perlu memberikan peningkatan pada kepedulian sosialnya seperti sebagai berikut.

  • Memberikan Penguatan tentang Kepedulian Sosial

Orang tua harus menjadi contoh yang baik dalam hal kepedulian sosial bagi sang anak. Kita dapat melakukan hal ini dengan menunjukkan betapa pentingnya membantu orang lain atau cara berempati terhadap mereka.

  • Melibatkan Mereka untuk Mengikuti Kegiatan Sosial

Orang tua perlu mengajak anaknya dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti, kegiatan amal masjid dan sukarelawan desa. Hal tersebut bertujuan agar mereka memahami dan merasakan langsung arti penting kepedulian sosial.

  • Mengajaknya Berdiskusi tentang Isu-Isu Sosial

Orang tua perlu mengajak anak berdiskusi mengenai topik berita kepedulian sosial dan meminta mereka untuk mengeluarkan pendapat terkait isu tersebut. Hal tersebut berguna untuk melatih kemampuan berpikir kritis positif mereka terkait kepedulian sosial.

  • Beri Dukungan dan Dorongan

Orang tua perlu memberikan arahan berupa dukungan dan dorongan terkait hal yang akan mereka raih dalam hal peningkatan kepedulian sosial. Mendengarkan mereka dan memberikan saran merupakan cara yang tepat untuk memberikan dukungan dan dorongan pada mereka.

  • Beri Penghargaan dan Pujian pada Anak

Memberikan penghargaan dan pujian kepada mereka menjadi salah satu bukti kepedulian sosial. Ini akan memperkuat motivasi mereka untuk terus berbuat baik dan menjadi lebih peduli terhadap orang lain.

Dampak Positif dari Sikap Kepedulian Sosial Remaja

kepedulian sosial remaja
Source: Pinterest/Freepik

Apabila penerapankepedulian sosial remaja telah berhasil dilakukan, tentunya hal tersebut akan memberikan dampak positif, antara lain:

  • Empati yang Lebih Tinggi

Dengan menerapkan kepedulian sosial, maka secara tidak langsung terbentuk rasa empati yang tinggi. Hal tersebut dapat berupa sikap lebih peka terhadap kebutuhan dan penderitaan orang lain, serta dapat memahami perspektif orang lain.

  • Peningkatan Keterampilan Sosial

Kepedulian sosial dapat membantu remaja dalam hal peningkatan sosial. Kemampuan komunikasi yang baik, bekerja sama dengan tim, dan membangun relasi sehat dengan orang lain merupakan aspek penigkatan sosial yang dapat remaja rasakan.

  • Perubahan Positif dalam Perilaku

Remaja yang telah menerapkan kepedulian sosial lebih cenderung terlibat kegiatan positif dengan membantu orang lain.

Dengan demikian, dampak positif tersebut akan berguna bagi remaja di masa depan mereka nantinya. Kita perlu mengetahui bahwa kita harus menanamkan dan meningkatkan kepedulian sosial pada semua orang, terutama pada remaja. Penanaman karakter dan dukungan dari orang tua sangat berarti untukkepedulian sosial remaja.Kepedulian sosial remaja juga akan menjadi tonggak pembentukan pola sehat dalam bermasyarakat!

 

Baca juga:Membangun Budaya Literasi Remaja dengan 3 Strategi Penting

Author: Dimas Setyanto | Editor: Nesti Magdalena

2 pemikiran pada “Kepedulian Sosial Remaja Ternyata Bisa Memburuk karena Ini!”

Tinggalkan komentar