BisnisEdukasi

Investasi Keuangan: Keuntungan dan 14 Cara Mempelajarinya!

Investasi keuangan merupakan cara cerdas untuk mengelola uang kamu, tidak hanya untuk sekarang, tetapi juga untuk masa depan. Investasi bukanlah sekadar tentang menabung di Bank. Namun, investasi lebih mengacu pada menaruh uang kamu diberbagai pilihan yang dapat tumbuh dari waktu ke waktu. Dengan berinvestasi, kamu hanya perlu duduk santai sambil melihat pertambahan nominal uang yang akan semakin tinggi. Namun, tidak cukup dengan menaruh uang saja. Kamu juga perlu memahami sistem dalam berinvestasi.

investasi keuangan
Source: qoala.app

Usia remaja seperti kamu sudah bisa terjun ke dunia investasi. Remaja yang berusia di atas 17 tahun sudah layak untuk memulai investasi keuangan. Hal ini karena pada usia tersebut, umumnya orang menganggap kamu sudah cukup matang dan bertanggung jawab untuk memahami risiko jika terlibat dalam berinvestasi.

Mulai berinvestasi sejak dini jauh lebih seru dibandingkan sekadar menabung di Bank. Bayangkan, ini seperti kamu menanam benih uang untuk tumbuh menjadi pohon besar di masa depan. Ketika Kamu berinvestasi, uang bekerja lebih keras untukmu dibandingkan hanya disimpan di Bank. Bisa jadi seperti membeli bagian kecil dari perusahaan favoritmu atau mengikuti petualangan kecil dalam dunia investasi keuangan. Tentunya hal ini memberi kamu kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak uang dari yang bisa kamu bayangkan.

Keuntungan Memulai Mempelajari Investasi Keuangan Sejak Remaja

1. Pemanfaatan Waktu
investasi keuangan
Source: depositphotos.com

Salah satu keuntungan utama mempelajari investasi sejak dini adalah pemanfaatan waktu. Semakin awal kamu memulai, maka semakin cepat dan besar juga kesempatan yang bisa kamu dapatkan untuk mengembangkan keuanganmu. Hal ini akan mengarah pada akumulasi kekayaan yang lebih besar di masa depan.

2. Pengalaman dan Pembelajaran

Dengan memulai sejak dini, maka kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mengalami fluktuasi pasar dan belajar dari pengalaman. Kamu dapat mengembangkan keterampilan penting dalam pengambilan keputusan keuangan dan memahami berbagai risiko yang mungkin terjadi.

3. Pencapaian Tujuan Keuangan
investasi keuangan
Source: riset.guru.pubiway.com

Investasi adalah alat yang kuat untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang seperti membeli rumah, pendidikan kuliah, atau pensiun yang nyaman. Dengan berinvestasi sejak dini, maka kamu memiliki peluang lebih besar untuk mencapai tujuan tersebut tanpa harus mengeluarkan banyak uang secara langsung.

4. Pendidikan Keuangan
investasi keuangan
Source: scripbox.com

Belajar tentang investasi sejak dini juga membantu memperdalam pemahaman Kamu tentang konsep keuangan. Kamu akan menjadi lebih sadar tentang bagaimana uang bekerja dan bagaimana mengelola keuangan pribadi dengan bijak.

 

Lalu, bagaimana caranya untuk memulai investasi keuangan sejak dini? Simak cara berikut ini!

 

Cara Memulai Investasi Keuangan Sejak Dini

1. Investasi Keuangan Sedini Mungkin

Kamu harus mulai menginvestasikan uangmu sedini mungkin karena akan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Selain dapat lebih cepat dalam mengembangkan keuangan dan pengalaman, kamu juga memiliki waktu yang lebih banyak jika memulainya sejak dini.

2. Mulailah Memahami Konsep dan Risiko Investasi Keungan

Sebelum mulai berinvestasi, kamu perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang konsep dan risiko dari investasi. Hal ini karena dalam berinvestasi tidak selamanya hanya keuntungan yang datang. Namun, investasi keuangan juga memiliki risiko kerugian. Semakin tinggi jumlah investasi, maka semakin besar pula tingkat risiko kerugiannya. Meski demikian, risiko kerugian itu seimbang dengan keuntungan yang bisa didapatkan.

3. Tentukan dengan Jelas Tujuan Investasi Keuangan

Tentukanlah tujuan keuangan yang ingin kamu capai sejelas mungkin karena hal tersebut akan menentukan target dan bagaimana cara kamu harus melakukannya. Dengan tujuan yang jelas akan membuat langkahmu lebih terarah. Tanpa tujuan, maka investasi yang kamu lakukan hanya akan memperbesar risiko kerugian karena tidak memiliki target dan strategi yang jelas.

4. Pelajari dan Tetapkan Instrumen Investasi
investasi keuangan
Source: chapspitbeef.com

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Oleh karena itu, kamu harus mempelajarinya agar dapat menetapkan instrumen mana yang sesuai dengan tujuanmu. Dalam berinvestasi, sangat disarankan agar investor berinvestasi sesuai dengan tujuan dan profil risiko yang diinginkan dan memungkinkan.

Jika investor berinvestasi untuk jangka panjang, ingin mendapatkan keuntungan berlebih, dan tidak mempermasalahkan risiko kerugian, maka investor bisa memilih saham. Lain hal dengan investor yang ingin berinvestasi jangka pendek atau menengah dan menghindari tingkat risiko yang tinggi. Untuk investor tersebut, bisa memilih jenis investasi reksa dana pasar uang.

5. Pilihlah Aset Investasi Keuangan yang Diawasi OJK
investasi keuangan
Source: bilakhiaholdings.com

Saat akan berinvestasi, kamu tidak boleh asal memilih aset investasi. Pastikan aset investasi yang kamu pilih adalah jenis investasi yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini karena dalam berinvestasi selalu ada risiko.

6. Tetapkan Waktu dan Modal Investasi

Waktu dan modal adalah faktor penting yang mempengaruhi jenis saham yang harus dipilih. Hal ini karena setiap jenis investasi memiliki jangka waktu dan risiko yang berbeda. Jika investor ingin berinvestasi jangka pendek sampai menengah, maka pilihlah aset dengan risiko rendah. Sementara jika investor ingin berinvestasi jangka panjang dengan target pasar modal, maka investor bisa memilih saham yang memiliki risiko fluktuasi tinggi.

Jangka waktu yang dibutuhkan dan modal yang dimiliki tentunya akan memengaruhi pilihan instrumen investor. Investor yang berinvestasi pada jangka panjang biasanya memilih untuk memakai analisis fundamental dalam menentukan saham mereka.

7. Investasikan Keuangan Lebih dari Satu Instrumen Aset
investasi keuangan
Source: mashvisor.com

Para investor yang sudah berpengalaman maupun yang baru menginjakkan kaki di dunia investasi cenderung menerapkan untuk tidak memberikan seluruh uangnya hanya pada satu instrumen investasi saja atau diversifikasi. Hal itu karena para investor tidak ingin kehilangan terlalu banyak uang jika sahamnya mengalami penurunan.

Dengan melakukan diversifikasi akan meminimalisir kerugian saat saham turun. Jangan lupa untuk memastikan kamu memiliki portofolio yang terdiversifikasi. Dengan demikian, kamu akan mempunyai beberapa saham yang sedang naik.

8. Buatlah Rekening untuk Investasi Keuangan

Setelah tujuan dan jenis investasi sudah sesuai dengan waktu dan modal yang kamu miliki, maka selanjutnya kamu sudah bisa membuat rekening investasi. Membuka rekening investasi bukanlah hal yang sulit. Jika bingung, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu melalui online perihal cara membuatnya.

Umumnya, hal-hal yang perlu kamu siapkan saat akan membuat rekening investasi adalah tanda pengenal seperti KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor rekening, dan formulir initial investment yang sudah kamu isi. Selain itu, masih ada hal-hal yang kamu perlu siapkan sesuai dengan lembaga keuangan yang kamu pilih.

9. Jangan Malas Belajar Tentang Investasi Keuangan
investasi keuangan
Source: flip.id

Perbanyak dan rajinlah dalam mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan investasi keuangan. Dengan begitu, kamu akan lebih paham dalam berinvestasi dan terhindar dari segala macam modus penipuan. Dengan mempelajari tentang investasi keuangan juga dapat membuatmu mendapatkan keuntungan pada waktu-waktu yang tepat karena pengetahuan yang kamu miliki.

(Baca Juga: Membangun Budaya Literasi Remaja dengan 3 Strategi Penting)

10. Sisihkan Uang untuk Investasi Otomatis
investasi keuangan
Source: thrasherpllc.com

Kamu akan mendapat lebih banyak keuntungan dari investasi jika rutin dan teratur melakukannya. Oleh karena itu, setiap bulannya kamu perlu menyisihkan uang untuk berinvestasi.

11. Rajin Mempelajari Portofolio

Portofolio adalah hal yang penting untuk kamu pelajari saat berinvestasi. Portofolio tersebut dapat digunakan untuk melakukan diversifikasi investasi, mengoptimalkan pengambilan, meminimalisir dan terhindar dari risiko, dan meraih tujuan dari investasi.

12. Rajin Mempelajari dan Memantau Keadaan Pasar Investasi
invest
Source: kliknss.co.id

Ketika kamu berinvestasi, jangan pernah malas untuk memantau keadaan pasar. Dengan mempelajari dan memantau keadaan pasar akan membuatmu mengetahui tentang tren pasar dan ekonomi global.

13. Manfaatkanlah Setiap Momentum Agar Mendapat Keuntungan Lebih Besar
invest
Source: brandstories.livemint.com

 

14. Rutin Mengecek Berita tentang Investasi Keuangan dan Prospeknya di Masa Depan
invest
Source: investbro.id

Up to date perihal investasi adalah hal yang wajib kamu lakukan saat berinvestasi. Selain memantau perkembangan pasar, kamu harus rajin mencari tahu informasi tentang perusahaan yang kamu investasikan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menentukan apakah aset investasi tersebut harus kamu beli, jual, atau tahan.

Selain itu, ketika kamu mengikuti prospek investasi di masa depan, kamu dapat menentukan dengan mudah perusahaan yang pantas untuk kamu berikan pendanaan.


 

Belajar tentang investasi sejak dini akan membantu memperdalam pemahamanmu tentang konsep keuangan. Kamu akan menjadi lebih sadar tentang bagaimana uang bekerja dan bagaimana mengelola keuangan pribadi dengan bijak. Dengan melakukan investasi sejak dini akan membuatmu memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan portofolio investasi, belajar tentang pasar keuangan, dan mengalami fluktuasi pasar. Yuk, berinvestasi mulai sekarang!

 

Writer: Nadia Puspa | Editor: Nabilah Ghina Mawaddah Rifayanti

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Untuk Pemula, Ketahui Tips dan Triknya!

One thought on “Investasi Keuangan: Keuntungan dan 14 Cara Mempelajarinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *