Edukasi

4 Cara Mengelola Uang dengan Baik, Mudah dan Mengasyikkan!

Uang merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Tidak mudah memperoleh uang baik bagi yang masih sekolah, kuliah bahkan sudah bekerja. Masing-masing memiliki batasan uang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita perlu tahu bagaimana mengelola uang dengan baik. Karena tidak mau, kan hidup hanya berdasarkan cukup untuk bertahan setiap bulan padahal sudah menghasilkan uang lebih dari cukup? Mari kita kupas caranya satu per satu!

1. Mencatat Penghasilan dan Pengeluaran

Ketahui berapa jumlah penghasilan tiap bulannya. Alangkah baiknya jika penghasilan dalam catatan itu hanyalah penghasilan pasti, karena tujuannya kita ingin tahu apakah kita bisa mencukupi kebutuhan hidup kita dengan penghasilan bulanan yang pasti itu. Pikirkanlah uang tambahan seperti tips ataupun bonus (THR, Bonus Akhir Tahun, Bonus Tahun Baru) sebagai uang extra yang tak terduga, melihat bahwa hal-hal seperti itu biasanya jumlah dan frekuensinya tidak konsisten. Nah, untuk pengeluaran kita bisa melihat lewat mencatat setiap pembayaran kita lalu kita bisa mengelompokkannya sesuai jenis kebutuhan. Misalnya pengeluaran pasti seperti sewa, kebutuhan penting seperti air, transportasi, makanan, listrik, dan  kebutuhan hiburan, seperti berbelanja.

mengelola uang
Sumber – michaelryanmoney

2. Kelola Uang dengan Adakan Budget

Bila kita sudah mencatat pemasukan dan pengeluaran, kita bisa merenungkan mana yang sebenarnya perlu, tidak terlalu penting, atau harus mengurangi. Apalagi, jika sebenarnya penghasilan masih belum cukup untuk memenuhi itu semua. Nah, untuk menghindari pemborosan, buatlah sebuah budget atau anggaran pengeluaran yang cukup untuk sebulan. Utamakan pengeluaran untuk keperluan penting terlebih dahulu. Kemudian, bisa melanjutkan budget untuk hiburan dan kebutuhan tambahan lainnya. Kendalikanlah uang untuk aspek hiburan, terutama bila jumlahnya tidak banyak supaya bisa mencukupi hingga akhir bulan, penting untuk membuat budget yang realistis. Jangan buat budget yang terlalu ketat dimana kita merasa sebisa mungkin tidak mengeluarkan uang, atau terlalu bebas hingga kita merasa kita bisa mencukupi semua tindakan yang kita ambil tanpa berpikir.  Hal itu bertujuan agar tidak adanya besar pasak daripada tiang. Jangan lupa untuk tetap mengikuti budget buatanmu, tidak hanya asal buat saja.

pengelolaan uang dengan baik
Sumber – allbusiness.com

3. Kelola Uang Sisa dengan Menabung atau Investasi

Jika dari budget kita masih ada uang yang tersisa di akhir bulan, jangan langsung habiskan. Sisihkanlah untuk dana darurat apabila ada sesuatu yang terjadi secara mendadak, seperti sakit atau kecelakaan. Bisa juga menyisihkan uang untuk mencoba peruntungan investasi kecil-kecilan. Investasi mungkin tidak terlihat menggugah di awal, tetapi jika kita mulai menginvestasikan uang sejak usia muda, kita bisa menyejahterakan diri kita di masa tua. Mengapa? Karena uang investasi sekecil apapun dalam beberapa waktu akan memperoleh bunga yang bisa menambah atau bahkan melipatgandakan uangmu. Caranya bisa kita lihat di sini. Nah, setelah itu uang sisa  bisa untuk menaruhnya dalam tabungan untuk membeli barang-barang impian atau habiskan untuk kegiatan-kegiatan kesukaan seperti hobi.

cara mengelola uang dengan baik
Sumber – diseasecalleddebt.com

4. Bijak dalam Membeli Barang

Tentu saja dalam aspek uang, tidak terlepas dari kegiatan jual-beli. Kegiatan membeli juga sebenarnya sangat dan paling penting dalam hal cara mengelola uang dengan baik. Karena bila kita tidak bijak dalam membeli, bisa saja justru malah berbeda dari dugaan budget kita, budget buatan kita malah jadi sia-sia. Gimana caranya supaya kita bijak dalam membeli? Pertama, menghindari pembelian impulsif. Apa itu pembelian impulsif? Suatu tindakan pembelian yang kita lakukan tanpa memikirkan secara matang-matang. Hindari membeli sesuatu karena lapar mata atau gengsi, utamakan membeli sesuatu yang memang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli sesuatu, pikirkanlah “Apakah aku benar-benar membutuhkan barang/jasa ini?” kalian bisa melatihnya dengan membuat list barang belanjaan ketika ke supermarket. Tetap fokus pada list itu, dan beli sesuai kebutuhan, jangan tergoda oleh adanya potongan harga untuk barang-barang yang tidak terlalu diperlukan.

Cara lainnya ialah membeli grosir barang-barang kebutuhan wajib apabila kita bisa menyimpannya untuk jangka waktu yang lama. Barang-barang tersebut dapat meliputi sabun, sampo, mi instan, body lotion, dan banyak lainnya. Mungkin pengeluaran akan lebih banyak di awal, tetapi akan lebih hemat ke belakang. Kita juga harus membandingkan harga dan mencari harga terbaik sebelum membeli sebuah barang. Jika memang ada, carilah diskon atau kupon, dan jangan ragu untuk mencari alternatif barang yang lebih murah dengan fungsi sama. Karena kita harus mengutamakan fungsi bukan gengsi. Kurangi pula pembelian barang dengan kartu kredit atau paylater. Pastikan menggunakannya dengan bijak, sesuai dengan kemampuan kita untuk membayarnya tiap bulan.

Uraian di atas tadi adalah beberapa cara untuk bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Semoga dapat membantu Teens untuk mengelola keuanganmu sendiri, ya! Untuk tips lainnya, kamu bisa menonton kanal Youtube yang membahas seputar keuangan misalnya di sini.


Writer: Rebecca Maria Graciella Efendy | Editor: Kayla Adzkia Shabrina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *