EdukasiPsikologis

Cara Mengatasi Kesepian pada Remaja Menggunakan Strategi Coping, Bagaimana?

Kamu kesepian? Yuk ketahui bagaimana cara mengatasi kesepian pada remaja.

Hai Teens! Kamu seorang remaja dan merasakan kesepian? Kamu wajib baca dan mencoba cara berikut ini untuk mengatasi rasa kesepianmu. Kesepian merupakan suatu keadaan subjektif yang menimbulkan perasaan tidak nyaman, tertekan dan membuat orang menjadi tidak produktif dalam segala aspek kehidupan sehingga cenderung memiliki perasaan tidak bahagia dan sering merasakan kesendirian.

Remaja cenderung mengalami yang namanya kesepian, mengapa demikian? Kesepian seringkali menghantui remaja yang mengalami hambatan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu penelitian mengatakan bahwa hampir 300 remaja dengan usia rata-rata 16 tahun sering mengalami kesepian dan tergolong kategori tinggi. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi kesepian pada remaja?

cara mengatasi kesepian pada remaja
Source : Pinterest/Joeyshannons

Masa remaja merupakan masa transisi, dimana remaja akan berfokus dalam mencari jati dirinya. Pada masa ini remaja akan mengalami perubahan fisik, mental, dan emosional. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan positif dari lingkungan sekitar mereka baik keluarga, teman sebaya, dan lainnya. Sebaliknya jika remaja kurang perhatian dan dukungan dari lingkungannya dapat mengakibatkan remaja mengalami yang namanya “kesepian”.

Remaja yang kesepian cenderung bermasalah dalam memandang eksistensi diri mereka yang menimbulkan perasaan tidak berguna, kegagalan, terpuruk, sendirian dan perasaan negatif lainnya. Penyebab kesepian pada remaja antara lain:

  • Ketidakpuasan dengan hubungan yang dimiliki
  • Perubahaan mood dan harapan terhadap suatu hubungan
  • Self esteem yang rendah
  • Kesulitan dalam membangun hubungan dengan orang lain
  • Kecemasan sosial dan perasaan malu yang mempengaruhi hubungan interpersonal
  • Depresi

Nah, untuk kamu yang berusia remaja yang merasakan kesepian, kamu dapat menerapkan strategi coping berikut untuk mengatasi kesepian. Strategi coping, apaan tuh? Strategi coping mengacu pada usaha seseorang dalam menghadapi, menyesuaikan diri, dan mengatasi stres atau permasalahan dalam kehidupan mereka. Bagaimana menerapkannya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Penghindaran diri dari masalah (escape avoidance)

Cara mengatasi kesepian pada remaja
Source : Pinterest/Stocksyunited

Penghindaran diri dari masalah merupakan strategi coping yang melibatkan emosi seseorang. Dalam hal ini, yang dapat dilakukan remaja ialah dengan mencari kesibukan dengan melakukan kegiatan yang positif, berusaha menghibur diri (dengan bermain smartphone, bermain dengan hewan peliharaan, dan lainnya).

Berdasarkan salah satu penelitian mengatakan bahwa remaja dapat mengatasi kesepian dengan cara membangun hubungan emosional dengan hewan peliharannya. Tahukah kamu? Bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan hormon serotonin, oksitosin serta dopamin. Semua hormon tersebut mampu meningkatkan perasaan bahagia, senang dan tenang.

2. Meminta bantuan orang lain (seeking social support)

cara mengatasi kesepian pada remaja
Source : Pinterest/Martapylypchukk

Dukungan sosial berperan penting dalam kesejahteraan psikologis remaja. Remaja dengan dukungan sosial yang baik cenderung akan lebih bahagia, lebih percaya diri dan mampu mengatasi stres. Kebalikannya, remaja yang tidak memiliki dukungan sosial akan lebih rentan mengalami kesepian, kecemasan bahkan depresi. Wow, bahaya, ya, Teens!

Dalam hal ini, remaja bisa mencoba bermain dan berkumpul dengan teman maupun keluarga, meminta bantuan kepada guru dan orang tua seperti dalam sesi curhat, serta berjumpa dan mengobrol bersama teman secara daring.

Moment kebersamaan bersama teman dan keluarga dapat menjadi suatu support¬atau dukungan bagi remaja, mereka akan merasa lebih dianggap, dihargai serta didengarkan tanpa ada perasaan terkucilkan. Sebaliknya jika remaja sering diabaikan tidak hanya merasa kesepian, remaja juga bisa mengalami stres dan depresi.

3. Merubah cara pandang terhadap masalah (positive reappraisal)

cara mengatasi kesepian pada remaja
Source : Pinterest/ShaikhQais11

Mengubah persepsi terhadap masalah yang dialami merupakan bentuk strategi yang berfokus pada emosi, biasanya dilakukan dengan cara berdoa atau beribadah, menjadikan masalah tersebut suatu pembelajaran yang berharga, memotivasi diri dengan memikirkan dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Sebagai hasilnya, dengan berpikir positif remaja dapat meredakan stress, menghilangkan gangguan psikologis, seperti perasaan kesepian dan depresi.

4. Self controling

cara mengatasi kesepian pada remaja
Source : Pinterest/ChloeMK2547

Kontrol diri yang rendah mengakibatkan tindakan personal yang bersifat negatif, sehingga berdampak pada lingkungan sosial. Remaja dapat melakukan kontrol diri dengan cara mengatur emosi dan pikirannya, bisa berupa sabar, tegar, menekuni hobi, dan mengatur diri agar dapat bersosialisasi di lingkungannya.

5. Memecahkan masalah dengan mencari tau sumber masalah

Strategi coping selanjutnya yaitu confrontative coping yaitu pemecahan masalah secara konkret dengan mencari tau sumber masalah. Remaja melakukan sesuatu dengan tujuan mengubah keadaan secara konkret dengan cara menyiapkan mental dan berinteraksi dengan orang sekitar secara langsung.

Kesimpulan dari pembahasan di atas ialah strategi coping dapat membantu remaja dalam mengatasi rasa kesepiannya. Terbukti strategi coping yang baik dapat membantu remaja dalam mengatasi kesepian dan meningkatkan kepercayaan diri serta kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Namun, strategi coping yang buruk dapat memperburuk gejala kesepian dan mengakibatkan masalah kesehatan mental yang serius.

Biasanya dalam mengatasi kesepian, remaja akan lebih berfokus dengan mencari dukungan dari lingkungan sekitar. Selain itu, mereka juga akan berfokus menumbahkan emosi negatif dari diri mereka.

Penulis: Alfi Hamduna    | Editor: Kayla Adzkia Shabrina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *