EdukasiPengetahuan UmumPsikologis

Cara Agar Percaya Diri di Depan Umum? Lakukan 4 Tips Ini!

Cara agar percaya diri depan umum? gimana sih caranya? susah nggak? Kamu bisa temukan di sini! Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh The People’s Almanac Book of List terhadap 3000 warga Amerika, ternyata 41% orang takut untuk berbicara di depan umum. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa ternyata berbicara atau tampil di depan umum memang masih menjadi momok bagi banyak orang. Maka dari itu, jika kamu merasa dirimu sering cemas dan memiliki ketakutan berlebih, cobalah baca ini!

di depan umum
Source: Pinterest

Tapi kenapa sih banyak orang tidak percaya diri untuk tampil di depan umum? Tentu ada banyak faktor penyebabnya. Diantaranya adalah karena tidak terbiasa tampil di depan umum atau kurang pengalaman, kurang persiapan dan latihan sebelum tampil, serta terlalu overthinking atau banyak berpikir hal negatif tentang hal yang belum tentu terjadi. Lalu bagaimana cara agar percaya diri di depan umum? Yuk simak pembahasannya!

Bagaimana Cara Agar Percaya Diri di Depan Umum?

Untuk bisa percaya diri di depan umum, ada beberapa langkah yang harus kamu persiapkan dan lakukan. Hal ini  bisa membantu kamu untuk menghindari ketakutan dan ketidakpercayaan diri saat tampil di depan umum. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah:

Cara agar percaya diri di depan umum
Source: Pinterest

1. Persiapan dan Latihan Adalah Kunci Tampil Percaya Diri

Persiapan dan latihan secara konsisten merupakan kunci keberhasilan untuk tampil di depan umum. Kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan melakukan serangkaian persiapan yang kamu butuhkan serta berlatih terus menerus. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait dengan persiapan dan latihan adalah:

  • Pahami jenis acara dan apa yang akan kamu lakukan

Dalam hal ini, kamu perlu tau dalam konteks apa kamu akan tampil di depan umum. Apakah untuk memberikan pidato di depan banyak orang? Apakah untuk menjadi moderator saat acara seminar? Atau kamu berada di depan umum untuk menampilkan hal yang lain? Beda acara tentu beda persiapannya. Pahami secara pasti dalam acara apa kamu akan tampil di depan umum, apa yang akan kamu tampilkan, siapa yang menyaksikan, acara formal atau informal, serta sesuaikan hal-hal lainnya dengan kebutuhan.

  • Latihan secara rutin sebelum hari-H tampil

Kamu pasti pernah mendengar istilah “bisa karna terbiasa”. Nah, hal ini juga berlaku untuk kelancaran dan kepercayaan diri kamu saat tampil di depan umum. Semakin kamu sering berlatih, maka kamu akan semakin menguasai apa yang akan kamu tampilkan. Latihan ini akan membantumu meningkatkan rasa percaya diri untuk tampil  di depan umum.

 

2. Cari Tau Latar Belakang dan Usia Audiens

Audiens adalah orang-orang yang akan menyaksikan kamu saat kamu berada di depan umum. Agar audiens bisa memahami dengan baik pesan yang ingin kamu sampaikan, maka kamu harus mengenali audiens. Sehingga, apa yang kamu tampilkan atau kamu bicarakan relevan bagi mereka. Jika mereka merasa apa yang kamu sampaikan sesuai dengan minat maupun kebutuhan mereka, maka mereka akan tertarik untuk mendengar dan menyimaknya. Hal ini pun akan menambah rasa percaya diri kamu.

Berikut hal-hal yang perlu kamu cari tahu terkait dengan audiens:
  • Rentang kelompok usia audiens. Apakah anak-anak, remaja, dewasa, atau orang tua. Setiap kelompok usia tentu memiliki selera dan preferensi yang berbeda. Kamu harus tau rentang usia audiens agar kamu bisa menyesuaikan diri saat berada di depan umum.
  • Latar belakang audiens. Apakah mereka masyarakat umum, pelajar, para akademisi atau ahli professional di bidang tertentu, dan sebagainya. Mengapa hal ini penting? agar kamu bisa menempatkan diri. Misalnya ketika kamu berbicara di depan umum. Cara penyampaian kepada audiens ahli profesional, dengan cara kamu menyampaikan kepada teman satu sekolah denganmu, tentu berbeda.

 

3. Perhatikan Penampilan Agar Lebih Percaya Diri

Penampilan adalah faktor yang penting diperhatikan untuk mendukung kepercayaan diri kamu saat berada di depan umum. Cari tahu dalam rangka apa kamu berada di depan umum. Kemudian sesuaikan pakaian yang akan kamu kenakan, apakah itu pakaian casual, pakaian formal, atau ada dresscodetertentu dalam acara tersebut.

Beberapa Hal lain yang Perlu Kamu Perhatikan Berkaitan Dengan Penampilan:
  • Pilih pakaian yang nyaman

Kenyamanan adalah hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum tampil di depan umum. Pilih pakaian yang sesuai dengan tema acara, tetapi nyaman kamu gunakan. Karena pakaian yang tidak nyaman justru akan menganggu fokus kamu saat tampil di depan umum.

  • Sesuaikan warna

Warna pakaian juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Perhatikan pemilihan warna dan cara memadu padankannya. Misalnya ketika tampil di acara anak-anak, pilih warna pakaian yang cerah. Jika kamu akan tampil di acara formal, pilih warna yang serasi ketika di padu padankan dan tidak terlalu mencolok.

  • Bersih dan rapi

Penampilan kamu juga harus bersih dan rapi saat akan bicara maupun tampil di depan umum. Kamu akan lebih percaya diri dengan pakaian yang bersih dan rapi. Artinya pakaian yang kamu gunakan tidak terlihat kusam, tidak ada noda maupun kotoran yang menganggu, serta kamu kenakan dengan rapi dari ujung kepala hingga ujung kaki.

4. Kontrol Pikiran Negatif

Pikiran adalah pengendali sikap dan perasaan. Apa yang kamu pikirkan, akan memengaruhi perkataan dan tindakan kamu. Karena itu, rasa tidak percaya diri saat kamu berada di depan umum juga bisa muncul akibat dari pikiran negatifmu. Maka, beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol pikiranmu adalah:

  • Rileks dan coba berhenti untuk berpikir negatif. Kamu bisa menenangkan diri dan membuat pikiran berhenti berpikir negatif bisa dengan berbagai cara. Misalnya dengan mengatur nafas, mendengar lagu, berdoa, atau cara-cara lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensimu.
  • Sadari bahwa hal menakutkan yang kamu pikirkan belum tentu terjadi. Seringkali pikiran buruk yang kita khawatirkan itu belum tentu terjadi. Lebih baik kamu mencoba fokus terhadap apa yang akan kamu sampaikan di depan umum daripada fokus terhadap ketakutanmu.
  • Ingat bahwa kamu adalah tergantung apa yang kamu pikirkan. Jika kamu selalu berpikir negatif, bisa saja justru benar-benar terjadi. Berusahalah untuk mengubah mindset dengan memikirkan hal-hal baik yang akan terjadi. Sugesti positif ini justru akan membantu kamu untuk lebih percaya diri!

 

Jadi bagaimana Teens? Sudah ada gambaran untuk membuat kamu lebih percaya diri berada di depan umum bukan? Kuncinya adalah jangan takut untuk mencoba, terus berlatih, dan perbanyak pengalaman. Semangat untuk terus menumbuhkan rasa percaya diri!


Writer: Maulida Rahma Susanti  | Editor: Kayla Adzkia Shabrina

One thought on “Cara Agar Percaya Diri di Depan Umum? Lakukan 4 Tips Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *