EdukasiPsikologis

Essay: Berani Melangkah Demi Masa Depan

Dalam perjalanan yang kita tempuh melalui labirin kehidupan ini, perjuangan merupakan bagian yang takkan terlewatkan. Kadang kala ada realitas tak terbantahkan yang harus kita hadapi. Kita harus berani melangkah demi masa depan dan impian dengan cara melawan rasa takut.

Memang sulit, tetapi itulah hakikat hidup yang harus kita jalani dengan tekad dan semangat. Meskipunkadang-kadang beban itu terasa hampir tak tertahankan. Kita harus terus berjalan, tanpa ragu atau henti. Jalani sampai kau benar-benar mendapatkan sesuatu yang spesial itu, yaitu mimpimu yang tak ternilai harganya!

Mengenali Rasa Takut dalam Diri Sendiri untuk Berani Melangkah

Source: Pinterest

Rasa takut ialah emosi yang alami dan manusiawi. Ia muncul sebagai respons alami terhadap situasi yang mungkin berbahaya atau tidak pasti. Pemicu rasa takut setiap orang berbeda-beda. Dalam berjuang, rasa takut dapat menjadi hambatan yang signifikan. Hal yangsering kali menghalangi seseorang untuk mengambil langkah maju menuju impiannya, yaitu rasa takut gagal, takut akan penolakan, atau rasa takut menghadapi kritikan.

Faktanya, penting bagi setiap orang memiliki rasa takut sebagai kewaspadaan diri terhadap ancaman dan hal yang kita anggap berbahaya. Tidak bisa kita pungkiri, melawan rasa takut bukanlah hal yang mudah. Namun, dalam berjuang, kita tidak hanya terus melangkah maju, tapi juga menemukan kekuatan untuk meredam rasa takut itu sendiri. Seperti halnya pahlawan yang mengarungi lautan gelap, setiap langkah adalah bukti keberanian yang semakin menghancurkan tembok rasa takut.

Seorang yang berhasil melawan rasa takut dalam berjuang memiliki mindset pertumbuhan (growth mindset). Orang dengan growth mindset memiliki pola pikir yang kuat, positif, dan tidak mudah menyerah terhadap kemampuan mereka. Namun, mereka mampu memperbaiki kualitas diri untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Seseorang dengan mindset pertumbuhan memungkinkan untuk melihat rasa takut sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Rasa takut bukanlah sebuah hambatan, melainkan panggung yang dapat kita manfaatkan untuk perjalanan belajar dan tumbuh yang tak pernah berhenti. Dalam pandangan mereka, ketakutan dapat memberi warna pada kanvas kosong melalui upaya perbaikan dan kegigihan yang mengalir tanpa henti.

Keberanian Steve Jobs Melawan Rasa Takut

Salah satu contoh nyata dari seseorang yang berani melawan rasa takut demi berjuang menuju impiannya adalah kisah inspiratif Steve Jobs, pendiri Apple Inc. Pada awal kariernya, Steve Jobs menghadapi rasa takut akan kegagalan dan ketidakpastian finansial. Walaupun dipecat dari perusahaan yang ia dirikan,Steve Jobs tidak menyerah pada rasa takutnya dan mencari cara untuk menghadapi rasa takut yang ia miliki .

Ia memilih untuk belajar dari kegagalan dan menggunakan pengalaman tersebut sebagai pelajaran berharga dalam perjuangannya. Dengan tekad dan dedikasinya, Steve Jobs akhirnya berhasil mengubah industri teknologi dan meraih kesuksesan yang membanggakan. Dalam kisah hidupnya, ia membuktikan bahwa melawan rasa takut bukanlah sekadar langkah keberanian melainkan salah satu langkah penting dalam mencapai impian. Perjuangan melawan rasa takut memberikan beberapa pelajaran penting bagi kita.

Source: Pinterest/ Business Bull

Pertama, mengajarkan bahwa rasa takut adalah bagian alami dari perjalanan hidup manusia. Namun, itu bukanlah akhir dari kisah kita. Kedua, perjuangan melawan rasa takut mengundang kita untuk mencapai mindset pertumbuhan. Dalam menghadapi tantangan, kita juga dapat memilih untuk belajar dan berkembang, bukannya berhenti pada kegagalan. Ketiga, kisah-kisah inspiratif para tokoh terkenal, seperti contoh di atas, yaitu Steve Jobs mengajarkan kita untuk terus berjuang menggapai mimpi, bukan hanya diam berpasrah pada keadaan.

Di era yang penuh tekanan ini, melawan rasa takut mungkin terasa lebih sulit dari sebelumnya. Pandemi global, ketidakpastian ekonomi, dan tantangan teknologi semakin memperbesar bayang-bayang ketakutan. Namun, ketika kita melihat contoh-contoh inspiratif, seperti kisah perjuangan Steve Jobs dalam menghadapi kegagalan dan berbagai individu lainnya yang berani menghadapi rasa takut, kita akan sadar bahwa impian sejati tidak akan pernah tercapai dengan mudah.

Rangkul Rasa Takut dan Ciptakan Peluangmu Agar Berani Melangkah

Source: Pinterest/ iz

Perjuangan melawan rasa takut, seolah menjadi ujian nyata. Bukan hanya untuk menggapai impian, tetapi juga sebagai bagian dari pertumbuhan dan perkembangan diri kita. Dalam kondisi yang menekan dan cemas, perjuangan melawan rasa takut bukanlah semata-mata tentang menaklukkan hambatan fisik, tetapi lebih tentang menaklukkan diri sendiri. Kita belajar untuk merangkul rasa takut sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang, bukan sebagai rintangan yang menghambat langkah kita.

What you decide to do in every moment determines what will happen the rest of your life.” – Matt Morris

Oleh karena itu, mari kita menjadikan perjuangan ini sebagai cermin dalam hidup kita. Saat menghadapi rasa takut dengan kepala tegak adalah pembuktian pada diri sendiri bahwa ketakutan tidak dapat menghentikan kita. Tekad yang kokoh, semangat yang tak tergoyahkan, dan keyakinan pada impian kita, menjadikan perjalanan melawan rasa takut sebagai kisah inspiratif yang akan menginspirasi orang lain. Dengan berani bermimpi dan melangkah maju dalam kegelapan, serta meraih cahaya dalam genggaman, kita akan bisa mencapai impian-impian besar yang kita miliki.

Data Diri Penulis

Nama penulis: Aura Ryani Zahwa (Nara Aesthetic)

Status: Mahasiswa

Asal Intansi: Telkom University

Kontak: linktr.ee/narasthetic

 

Writer: Aura Ryani Zahwa | Editor: Kayla Adzkia Shabrina

Baca Juga: Afirmasi Positif Menjadi Jawaban untuk Atasi Rasa Cemasmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *