EdukasiPengetahuan Umum

Belajar Coding Otodidak: Tidak Sesulit yang Dibayangkan!

Pada umumnya, menurut orang-orang, belajar coding secara otodidak memanglah sangat sulit. Alasan ini juga yang sering membuat orang yang mau masuk dalam bidang tersebut menjadi ragu untuk mencobanya. Banyak orang percaya kalau belajar bahasa pemrograman secara otodidak merupakan tantangan yang sangat berat. Namun, sebenarnya tuh engga sesulit yang kalian bayangkan loh! Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan kenapa dan bagaimana belajar coding secara otodidak itu sebenarnya bisa lebih mudah dari yang kalian bayangkan. Yuk, kita simak!

belajar coding otodidak
Photo by: Florian Olivo via Unsplah

Pertama, kita harus membedah dulu nih mitos-mitos dalam bidang ini. Hal ini agar kalian tidak merasa terintimidasi, yang mana hal tersebut bisa menghalangi minat kalian untuk mulai belajar. Apalagi, sekarang sudah banyak sekali sumber di internet. Belajar di sini bisa menjadi challenge¬tersendiri yang menarik dan memuaskan untuk kalian.

Sebenarnya, ketika kalian belajar secara otodidak, kalian bisa memiliki waktu yang fleksibel untuk belajar serta cara belajar yang beragam juga. Selain itu, kalian juga bisa mengembangkan skill yang memang saat ini dalam dunia digital sangat dibutuhkan. Proyek kecil-kecilan dan mempraktikkannya secara langsung juga bisa membuat proses belajar jadi lebih fun!

(Simak juga artikel menarik lainnya: Bahaya Merokok bagi Remaja, Ancaman Serius untuk Masa Depan!)

Membongkar Mitos Kesulitan Belajar Coding

Sekarang kita akan membahas mengenai mitos seputar kesulitan dan mengubah pandangan kita terhadap hal tersebut untuk membuatnya jadi lebih mudah dari apa yang kita bayangkan.

  • Mitos Umum seputar Kesulitan Belajar Coding
    Pemrograman sering dipandang sebagai sesuatu yang prestige,¬sesuatu yang berkaitan dengan orang-orang berlatar belakang teknologi atau ilmu komputer. Mitos ini muncul ketika orang berasumsi bahwa coding adalah aktivitas yang sulit dan memerlukan ilmu matematika atau logika yang kompleks.
  • Alasan Dibalik Persepsi Orang
    Salah satu faktor yang membuat orang berasumsi bahwa coding itu sulit adalah kurangnya pengalaman atau pengetahuan awal seseorang tentang bahasa pemrograman. Orang sering merasa sulit untuk memahami sintaks dan logika di coding secara umum.
  • Realitas Tidak Sesulit yang Dibayangkan
    Pada realitanya, belajar coding tidak sesulit yang kalian bayangkan. Sekarang banyak cara untuk belajar coding yang bahkan mudah dipahami oleh pemula sekali pun loh!¬Video tutorial dan platform belajar interaktif yang ada di internet bisa mendorong kita untuk memulai langkah pertama yang pastinya terjangkau dan menyenangkan juga.

Langkah penting untuk setiap orang yang tertarik di dunia coding adalah menghadapi mitos ini dan membongkar alasan di balik persepsi orang tentang coding. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan bahwa belajar coding itu tidak semenyeramkan itu kok!

(Simak juga artikel menarik lainnya: Dampak Positif Bermain Game: Ternyata Bisa Bikin Pintar Loh!)

Keuntungan Belajar Coding Secara Otodidak

Nah, sekarang kita akan membahas apasih keuntungan ketika kalian belajar coding secara otodidak.

  • Fleksibilitas Waktu dan Cara Belajar
    Ketika kita belajar secara otodidak, hal tersebut memberikan kebebasan bagaimana kalian mengatur waktu dan cara belajar yang akan kalian pakai. Hal ini bisa membuat kita tidak terikat pada sebuah jadwal tertentu yang memungkinkan untuk belajar sesuai waktu yang kalian punya.
  • Banyaknya Sumber dan Beragam Platform untuk Belajar
    Banyaknya sumber yang beredar di internet memberikan akses yang mudah pada tutorial, course, forum diskusi, dan komunitas yang bisa mendukung kalian belajar. Platform ini bisa memberikan kalian berbagai macam pendekatan dan materi belajar yang sesuai dengan tingkat pemahaman yang beragam.
  • Pengembangan Keterampilan
    Dalam proses belajar coding otodidak dapat membantu seseorang dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Setiap challengedalam menyelesaikan coding bisa meningkatkan keterampilan seseorang dalam memecahkan masalah.

Ketika kalian sudah paham tentang keuntungan di atas, hal tersebut bisa membuat kalian termotivasi dalam belajar coding otodidak.

(Baca Juga: Kehilangan Motivasi Belajar? Berikut 8 Rekomendasi Channel Youtube agar Kembali Produktif!)

Belajar coding otodidak
Photo by Safar Safarov on Unsplash

Strategi yang Efektif

Ketika kalian ingin belajar secara otodidak, kalian perlu yang namanya strategi efektif untuk belajar. Nah, ini dia strategi efektif untuk memulai dalam bidang ini:

  • Memilih Bahasa Pemrograman yang Cocok
    Pertama dalam dunia coding, kalian harus memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan minat dan tujuan kalian. Ada perbedaan penting antara bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, atau Ruby yang bisa membantu kamu di masa depan. Kalian perlu memahami perbedaan di antara ketiganya. Selain itu, kalian juga harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan minat kalian.
  • Menyusun Sumber Belajar yang Terstruktur
    Kalian harus bisa menyusun sumber belajar yang terstruktur. Hal ini dapat membantu kalian dalam memahami konsep-konsep dasar sampai yang sulit dalam coding.
  • Membuat Rencana Pembelajaran
    Mulailah membuat rencana pembelajaran yang berisikan tujuan-tujuan. Kalian bisa memulainya dari yang terkecil terlebih dahulu. Hal ini bisa kalian lakukan dengan membagi materi dan waktu yang bertujuan agar tetap konsisten dan terorganisir.
  • Langsung Melakukan Praktik
    Ketika kita belajar sendiri, lebih baik langsung praktik dan terapkan ilmu yang kita dapatkan. Saat membuat proyek kecil, kita akan menghadapi berbagai masalah, dan dari situ kita bisa belajar cara memecahkannya.

Tips and Trik Agar Kalian Mudah dalam Belajar

Ketika kalian sudah menerapkan hal-hal di atas, ini saatnya untuk kita memberikan kalian tips belajar coding yang tidak terlalu membosankan. Pertama, kalian perlu menerapkan yang namanya “Learning by Doing“. Prinsip “Learning by Doing” itu penting banget lohdalam coding. Kalau sering latihan, bisa membuat kita jadi lebih paham dan terampil dalam mengerjakan masalah-masalah yang ada pada coding. Gabung di komunitas online atau forum belajar juga bermanfaat banget, loh! Kalian bisa saling tukar pengalaman dan kenalan sama orang-orang yang sama-sama suka coding. Yang terpenting, tetep konsisten ya! Belajar ini memang butuh waktu dan kesabaran agar bisa melalui semua rintangan yang muncul.

belajar coding otodidak
Photo by Arnold Francisca on Unsplash

Simpulan

Sebenarnya, banyak orang yang tidak menyangka kalau belajar coding sendiri itu tidak sesulit yang mereka kira. Prosesnya bisa lebih asik dan mudah dari yang kita pikirkan. Ada banyak sumber online yang sangat membantu sehingga belajarnya lebih gampang. Belajar sendiri juga punya keuntungannya, misalnya bisa mengatur waktu dan cara belajar sendiri. Selain itu, kalian juga bisa mengembangkan kemampuan dalam melihat masalah dan mencari solusinya. Tips-tips simpel juga sangat membantu. Misalnya, latihan terus-menerus dan mengikuti komunitas online. Jadi, kalian tidak perlu khawatir buat mulai belajar coding sendiri. Semua orang bisa, asal memiliki keyakinan, rajin, dan pantang menyerah. Yang penting, mulai aja dulu, terus konsisten belajar, pasti bisa jago coding!

 

Author: Kemas Ahmad Eka | Editor: Nabilah Ghina Mawaddah Rifayanti

Baca juga: Membangun Budaya Literasi Remaja dengan 3 Strategi Penting

One thought on “Belajar Coding Otodidak: Tidak Sesulit yang Dibayangkan!

  • Kemas R. Hadi

    Keren Tulisannya,,,,,, Terus berkarya demi kemajuan bangsa dan negara , jangan menyerah semua pasti akan menuai hasilnya. Semangat Ya Kaka Eka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *